Sabtu, 14 Desember 2019

PADEPOKAN ABDUL ADJIB


                                                        PADEPOKAN ABDUL ADJIB


Assalamualaikum wr.wb, Hallo teman-teman kita balik lagi nih... kali ini kita bakal bahas salah satu sanggar yang ada di daerah Cirebon loh...
 Kita mungkin teringat nih dengan kata 'padepokan' yang bisa diartikan sebagai tempat dari perguruan seni bela diri, namun... jangan salah arti padepokan disini berarti dapat mengandung arti yaitu suatau tempat dimana berkembangnya suatu kesenian khas daerah yang bisa kita sebut sebagai kesenian tarling.
Kata tarling itu sendiri mempunyai makna atau arti yaitu gitar dan suling. Jadi tarling adalah suatu kesenian daerah kota Cirebon yang merupakan gabungan alat musik gitar dan suling pada waktu itu. dengan seirirng berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang semakin maju, maka tarling kini menjadi gabungan antara alat musik diantaranya gitar melodi, alat musik  gitar pengiring, alat musik gitar penerus, alat musik suling, alat musik kendang, alat musik krecek, alat musik tutukan dan alat musik goong.
Nah... ditengah-tengan kota Cirebon berdirilah suatu padepokan tarling yang diberi nama PADEPOKAN ABDUL ADJIB atau yang bisa juga dikenal dengan sebutan SANGGAR PURBASARI.
Padepokan ini dibangun oleh Drs. H. Abdul Adjib (Alm)... yang mendapat bantuan dana  untuk mendirikan padepokan ini oleh Gubernur Jawa Barat yaitu Ahmad Heryawan.
Paepokan abdul Adjib ini telah diresmikan pada tanggal 10 Agustus 2010oleh pariwisata Jawa Barat, dan sebelum beliau wafat Drs. H. Abdul Adjib memberikan wasiat kepada salah satu putranya yang bernama Insan S. Adjib untuk melanjutkan perjuangannya dalam melestarikan kesenian tradisional tarlingnya.
Nah... siapa sih yang tidak mengenal beliau ini Drs. Abdul Adjib ini.... beliau adalah sang maestro tarling yang menciptakan lagu WARUNG POJOK dan karya lagunya dapat dikenal diberbagai mancan negara. Beliau ini juga tidak hanya seorang pendiri padepokan Adbdul Adjib dan sang pencipta lagu warung pojok saja loh.. tapi beliau juga merupakan seorang dalang wayang dan penari topeng juga.
Pada tahun 1986 beliau Drs. H. Abdul Adjib wafat  kemudian sanggar ini diwariskan turun-temurunoleh anaknya yang bernama Ibu Baedah. beliau ini membentuk sanggar lagi yang bernama SANGGAR PURBASARI pada tahun 2005 sekitaran bulan Mei.
Nih... kita juga menyediakan informasi tentang alamat lengkap dan jam operasional Padepokan Abdul Adjib juga loh...
Alamat: Jalan sukasari Gang 4, No.30, RT 02 RW 03, Sukapura, Kejaksan, Kota Cirebon-Jawa Barat 45122, indonesia
Rating   : 5.00
Telepon : +628122143273
Jam Operasional:
Senin    : 9.00 AM - 9.00 PM
Selasa   : 9.00 AM - 9.00 PM
Rabu     : 9.00 AM - 9.00 PM
Kamis   : 9.00 AM - 9.00 PM
Jumat    : 9.00 AM - 9.00 PM
Sabtu    : 9.00 AM - 9.00 PM
Minggu : Tutup.
Teman-teman sekian dulu yah informasi yang dapat kami sampaikan, sampai jumpa di artikel kami selanjutnya! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar