Selasa, 14 Januari 2020

APA ITU TOPENG???

Topeng dalam arti sempit adalah penutup wajah atau benda yang dipakai di atas wajah. Sedangkan dalam arti luas topeng tidak hanya digunakan sebagai penutup wajah saja, tetapi ada pula yang menggunakan topeng di atas kepala. Fungsi dari topeng itu sendiri untuk menutupi atau mengganti perwujudan wajah si pemakainnya. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. 


Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.
Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian besar masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai uparaca dan kegiatan adat yang luhur.
Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.



Terdapat dua jenis topeng yakni topeng Besar dan topeng Kecil. Topeng Besar
yaitu topeng yang berukuran besar, contohnya topeng reyog Ponorogo. cara
menggunakannya yaitu dengan digigit sehingga posisi topeng reyog Ponorogo hampir
selalu berada didepan muka pemainnya. Contoh lainnya, yaitu topeng bangbarongan yang digunakan pada acara arak-arakan 17 Agustus yang dilakukan oleh
masyarakat Sunda. Topeng ini hampir mirip atau sejenis dengan barongsai yang cara pemakaiannya dipegang dan posisinya di atas muka pemain. Selain dua contoh tersebut ada pula contoh lainnya yaitu ondel-ondel dari Betawi dan barong landung Bali, dengan posisi topeng berada di atas kepala sehingga wujudnya menyerupai boneka besar yang ukurannya melebihi manusia. Dalam topeng besar ada pula topeng yang tidak dipakai pada muka yakni ogoh-ogoh. yakni semacam
patung yang terbuat dari kertas dengan kerangka bambu atau rotan yang didirikan atau dibuat dalam arak-arakan menjelang Hari Raya Nyepi di Bali.

Ada juga Topeng setengah muka dan topeng kecil, yaitu topeng yang berukuran kecil bahkan lebih kecil daripada muka manusia dan atau hanya menutupi sebagian muka pemakainya. Topeng setengah muka banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia bahakn di luar negeri sepeti Italia, dan Cina. Umumnya topeng ini dipakai untuk peran Punakawan (Pengiring) dan pelawak yang disebut Bodres. Kebanyakan topeng seperti ini hanya menutupi bagian muka dari hidung atau bibir ke atas muka pemain yang memakainnya. 



Nah bagaimana sahabat, sudah cukup jelas kan apa yang dimaksud topeng itu. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Selamat ya sekarang sahabat sudah bertambah ilmu dan wawasannya mengenai topeng.. Alhamdulillahh🙏

2 komentar: